RPP adalah Rencana Pembelajaran yang disusun guru untuk proses belajar Mengajar yang disususn oleh guru mata Pelajaran.Untuk dapat lengkapnya kita dapat melihat sebagai berikut:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SMPS Lancang Kuning Bagan Sinembah Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen Kelas / Semester : VII / 1 Materi Pokok : Allah memelihara ciptaan-Nya Alokasi Waktu : 1x Pertemuan (2x30 Menit) A. Kompetensi Inti : KI. 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya KI. 2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya KI. 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. KI.4 Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi No Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi 1 Mengakui bahwa pemeliharaan Allah dan keselamatan berlaku bagi seluruh ciptaan termasuk alam Mengakui bahwa pemeliharaan Allah terhadap manusia dan alam lebih kuat dari kecenderungan manusia untuk merusaknya melalui lagu 2 Turut bertanggungjawab memelihara alam 3 Mencari fakta yang berkaitan dengan pemeliharaan Allah terus berlangsung bagi manusia dan alam • Menjelaskan konsep Allah sebagai pemelihara • Menjelaskan alam ciptaan Tuhan sebagai wujud pemeliharaan Allah terhadap manusia 4 Melakukan berbagai aktivitas yang menunjukkan keterlibatan aktif dalam memelihara alam dan lingkungan hidup. • Menulis dan membacakan refleksi mengenai Allah memelihara alam • Merancang kegiatan memelihara alam • Membuat kliping tentang tanggung jawab manusia dalam memelihara alam lingkungan C. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat: 1. mengerti tentang konsep Allah sebagai pemelihara alam semesta 2. mengerti pentingnya tanggungjawab untuk memelihara dan melestarikan alam ciptaan Tuhan 3. Melalui pengamatan dari gambar dan tentang penciptaan siswa dapat menjelaskan bukti pemeliharaan Allah terhadap seluruh ciptaanNya 4. menjelaskan 3 aspek dalam pemeliharaan Allah 5.Menjelaskan pemeliharaan Allah terhadap manusia dan alam lebih kuat dari kecenderungan manusia untuk merusaknya. 6.Menjelaskan konsep Allah sebagai pemelihara alam semesta 7. Menjelaskan tanggung jawab Allah dalam memelihara alam semesta D.Materi Pembelajaran 1. Bukti pemeliharaan Allah terhadap seluruh ciptaanNya 2. Aspek-aspek pemeliharaan Allah dalam menjaga dan melestarikan alam 3. Belajar untuk merawat alam sekitar. 4. Bertanggung jawab untuk menjaga dan merawat alam sekitar 5. Tidak merusak alam E. Metode Pembelajaran. 1. Pendekatan : Scientifik/pendekatan ilmiah 2. Metode : discovery/diskusi F. Media Pembelajaran -Komputer/laptop. -Lembar penilaian Alat/Bahan -Penggaris,spidol dan papan Tulis G. Sumber Belajar Bahan/sumber ajar : Buku siswa , soal-soal latihan, makalah,buku guru Alkitab Bahasa Indonesia (LAI-Jakarta) Standar Isi Kurikulum PAK Puskurbuk-Balitbang Kemendikbud, 2013 H. Langkah-langkah Pembelajaran KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU Pendahuluan 10 menit 1) Guru mengucapkan salam “Shalom” 2) Guru menanyakan kabar siswa 3) Guru memeriksa kehadiran siswa 4) Guru mengajak siswa berdoa dan nyanyi lagu “burung pipit yang kecil” 5) Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran 6) Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran Inti 40 menit Mengamati 1) Mengamati gambar tentang alam semesta, siswa secara individu dan merenungkan tentang perbedaan alam yang indah dan yang sudah rusak dan memberikan pendapatnya terhadap teman di kelasnya secara lisan. Menanyakan 2) Guru memberi penjelasan singkat tentang materi pemeliharaan Allah dalam ( Kitab Kejadian 1-2) sembari tanya jawab dengan siswa tentang materi tersebut. 3) Guru membimbing siswa masuk dalam bentuk diskusi kelompok mengenai pemeliharaan Allah atas ciptaanNya. Mengeksplorasi 4) Menjelaskan tentang Nuh dan siswa melakukan pendalaman Alkitab Kejadian 7:1-24 tentang pemeliharaan Allah terhadap keluarga Nuh. 5) Memberi kesempatan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi kelompok lain, dan menemukan simpulan bersama tentang pemeliharaan Allah. Catatan: sembari melakukan proses pembimbingan, guru melakukan penilaian sikap dengan dipandu instrumen lembar penilaian sikap. Mengasosiasikan/ Membuat pilihan Secara individu siswa merenungkan dan membuat komitmen dalam mengakui pemeliharaan Allah dan menerapkan dalam hidupnya untuk meneladani tindakan Allah dalam ikut menjaga dan memelihara alam semesta Mengkomuni kasikan 6) Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyusun puisi tentang pemeliharaan Allah. Penutup 10 menit 1) Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu mensyukuri akan pemeliharaan Allah terhadap manusia. 2) Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik. 3) Bersama siswa menyanyi dan berdoa untuk mengakhiri proses pembelajaran. 4) Salam. I. Penilaian Hasil Belajar 1. Penilaian Skala Sikap Berilah tanda “centang” (√) yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan yang tersedia! No Pernyataan Kebiasaan Selalu Sering Jarang Tidak Pernah Skor 4 Skor 3 Skor 2 Skor 1 1 Mau memelihara alam sekitar 2 Tidak membuang sampah sembarangan 3 Menyiram bunga setiap hari 4 Menyapu halaman setiap hari 5 Membersihkan Selokan 6 Rajin melakukan reboisasi 7 Tidak boros air 8 Idak mencoret-coret Dinding 9 Tidak memijak tanaman 10 Merawat tanaman Nilai akhir = Jumlah skor yang diperoleh peserta didik× 100 skor tertinggi 4 2. Penilaian Diskusi Peserta didik berdiskusi tentang memahami makna . Aspek dan rubrik penilaian: 1) Kejelasan dan ke dalaman informasi (a) Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 100. (b) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 75. (c) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi kurang lengkap, skor 50. (d) Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi, skor 25. Contoh Tabel: No. Nama Peserta didik Aspek yang Dinilai Jumlah Skor Nilai Ketuntasan Tindak Lanjut Kejelasan dan Kedalaman Informasi T TT R R 1 Fitriani Silaban Dst. Markus 2) Keaktifan dalam diskusi (a) Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100. (b) Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75. (c) Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 50. (d) Jika kelompok tersebut tidak aktif dalam diskusi, skor 25. Contoh Tabel: No. Nama Peserta didik Aspek yang Dinilai Jumlah Skor Nilai Ketuntasan Tindak Lanjut Keaktifan dalam Diskusi T TT R R 1 Fitriani Silaban Dst. Markus 3) Kejelasan dan kerapian presentasi/ resume (a) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan rapi, skor 100. (b) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan jelas dan rapi, skor 75. (c) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 50. (d) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 25. Contoh Tabel: No. Nama Peserta didik Aspek yang Dinilai Jumlah Skor Nilai Ketuntasan Tindak Lanjut Kejelasan dan Kerapian Presentasi T TT R R 1 Dst. 3. Remedial Peserta didik yang belum menguasai materi (belum mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru. Guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu terkait dengan topik yang telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai). CONTOH PROGRAM REMIDI Sekolah : ........................ Kelas/Semester : ........................ Mat Pelajaran : ........................ Ulangan Harian Ke : ........................ Tanggal Ulangan Harian : ........................ Bentuk Ulangan Harian : ........................ Materi Ulangan Harian : ........................ (KD/Indikator : ........................ KKM : ........................ No Nama Peserta Didik Nilai Ulangan Indikator yang Belum Dikuasai Bentuk Tindakan Remedial Nilai Setelah Remedial Ket. 1 2 3 4 dst, 4. Pengayaan Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai materi sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran. Dalam kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan. 5. Interaksi Guru dengan Orang Tua Interaksi guru dengan orang tua perlu dilakukan, salah satunya adalah, guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom kolom kegiatan dalam buku teks peserta didik kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung, dengan pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang perkembangan kemampuan terkait dengan materi. PENILAIAN PRAKTIK Rubrik Penilaian Diskusi 1. Tema : Sikap disiplin, Daniel 6: 12-24 2. Kelompok : 3. Kelas /Smt : Berilah tanda check ( √ ) pada kolom yang sesuai dengan penilaian Anda! No. Urut Kategori Skor 4 3 2 1 A. KUALITAS 1. Persiapan baik 2. Organisasi jelas 3. Memberikan informasi yang didukung oleh fakta / buku 4. Informasi disampaikan dengan jelas 5. Argumentasi 6. Pernyataan (statement) bersifat persuasif B. ETIKA 1. Menghormati argumentasi teman dan tidak emosional 2. Saling mendengarkan dan merespon 3. Tidak menghina (menyela pembicaraan) 4. Tidak mendominasi pembicaraan 5. Secara aktif ikut terlibat C. LAIN-LAIN 1. Cara mengevaluasi atau mengkritik teman 2. Membuat kesimpulan sementara berdasarkan bukti yang disampaikan kedua pihak Jumlah Keseluruhan Keterangan Skor : Baik sekali = 4 Baik = 3 sedang = 2 Kurang = 1 Format Penilaian Sikap NO NAMA SISWA Aspek Sikap JUMLAH NILAI ketekunan belajajar tenggang rasa kedisiplinan kerjasama Hormat pada Guru Kejujuran Tanggungjawab 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Bagan Sinembah,23 September 2020 Mengetahui Kepala Sekolah SMPS Lancang Kuning Guru Mata Pelajaran Deni Indrawan,S.Pd Lismawati Simare-mare,S.ThSelasa, 03 November 2020
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar